3 Tradisi Unik di Afrika

Benua afrika memiliki keindahan alam dan satwanya yang eksotis. Selain eksotis, benua afrika juga terkenal dengan kekayaan alamnya seperti, minyak, gas alam, batu berlian, dan masih banyak lagi. Dataran afrika dikelilingi oleh gurun dan padang pasir, bahkan hampir 95 % dataran afrika ini adalah hamparan padang pasir. Dibalik itu semua, benua afrika juga kaya akan tradisi dan keberagaman masing masing sukunya. Nah berikut ini akan saya sampaikan 3 suku afrika yang memiliki tradisi unik.

1. Suku Hamer

Suku Hamer adalah suku yang bermukim di ethiopia barat. Jumlah suku hamer sebanyak 43.000 jiwa, dan menjadikannya sebagai suku mayoritas. Tardisi unik suku hamer yakni..jika seorang anak lelaki akan menjadi seorang pria dewasa, maka anak laki laki tersebut harus melompati seekor banteng.

2. Suku Mursi

Sama halnya dengan suku hamer, suku mursi merupakan suku yang bermukim di ethiopia selatan, terpatnya berdekatan dengan negara sudan. Suku mursi terkenal karena tradisi unik dan ekstrimnya..seperti kaum wanitanya yang memasang piring dibagian bawah bibir dan mencopot gigi bawahnya, sedangkan kaum prianya, bertarung dalam keadaan telanjang dan saling pukul menggunakan tongkat kayu..jika salah satu diantara petarung pria suku mursi ada yang menang, maka hadiahnya adalah tidur bersama kaum wanita suku mursi.

3. Suku Massai

Suku massai bisa kita temui di 2 negara, yakni tanzania utara dan kenya. Suku massai memang mayoritas nya memeluk agama islam, namun mereka masih percaya pada tradisi dan budayanya. Tradisi unik suku massai yakni…jika seorang anak laki laki selesai melakukan potong sunat, kemudian anak itu akan tinggal didalam rumah khusus yang berukuran kecil, dari buatan ibunya. Mitos beredar bahwa setiap anak laki laki yang belum di sunat, maka harus membunuh seekor singa dewasa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *